Pages

Rabu, 24 Agustus 2011

Cara Menghalangi Komplikasi Diabetes

Tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, kurang olahraga dan merokok, memperbesar kemungkinan cepat timbulnya komplikasi-komplikasi, terutama dengan berkurangnya dan terhambatnya persediaan darah.
Untuk mencegah atau memperlambat timbulnya komplikasi-komplikasi ini, adalah penting:
  • menjaga agar kadar glukosa (gula) dalam darah tetap normal
  • tidak merokok
  • berolahraga secara teratur
  • memakan makanan yang seimbang, kadar lemak yang rendah, kadar garam yang rendah, dan kadar serat yang tinggi (komplek karbohidrat)
  • agar tekanan darah dan kadar kolesterol diperiksa secara teratur oleh dokter.
OLAHRAGA DAN DIABETES
Berolahraga secara teratur merupakan salah satu bagian terpenting dalam pengelolaan (manajemen) diabetes. Ini akan membantu dalam usaha untuk:
  • menurunkan kadar glukosa dalam darah dengan terpakainya energi (olahraga mungkin akan merendahkan kadar glukosa dalam darah selama 12 – 24 jam kemudian)
  • menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah, jika sekiranya tinggi
  • memperbaiki peredaran dalam tubuh
  • mengurangi stres
  • mengawasi berat badan
Sebaiknya olahraga ringan hendaknya dilakukan sekurang-kurangnya tiga sampai empat kali seminggu.
Jenis olahraga yang dipilih tergantung pada umur, minat dan kemampuan masing-masing.
Beberapa saran adalah sebagai berikut:
  • jalan kaki gerak cepat
  • berenang
  • bersepeda
  • menari
M A K A N A N
KARBOHIDRAT
Sederhana atau halus/yang mudah diserap
Karbohidrat yang sederhana dinamakan gula.

Dalam jumlah yang besar atau berlebihan karbohidrat sederhana menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah dengan cepat dan ini menimbulkan suatu keadaan di mana diabetes tidak terkontrol dengan baik.

Gula putih, gula merah atau gula mentah (raw sugar), selei/jam, makanan yang manis-manis, minuman ringan, misalnya Cola Cola, sirup dan sari buah yang bergula adalah beberapa contoh dari apa yang dinamakan karbohidrat yang mudah diserap (berbagai jenis gula).
Jenis gula tersebut di atas menyediakan energi, tetapi boleh dikatakan tidak ada kadar vitamin-vitamin dan mineral-mineralnya.

Makanan-makanan ini lebih baik dihindari
Catatan: Dalam jumlah yang kecil sekali, makanan tersebut di atas dapat dimasukkan sebagai bagian dari makanan lengkap – dan tidak boleh dimakan secara tersendiri, misalnya sedikit gula atau eskrim dapat dimakan sekali-sekali, jika diabetes seseorang terkontrol dengan baik.

BUAH-BUAHAN
Buah-buahan mengandung gula, tetapi buah-buahan adalah sumber yang baik dari vitamin C dan serat. Makanlah buah-buahan secara teratur sebagai bagian dari makanan sehari-hari.
Semua jenis buah-buahan segar dapat dimakan, misalnya apel, pisang, papaya, mangga, nenas, sawo, nangka, semangka/melon, belimbing, durian belanda, jambu, dan lain-lain. 

Buah-buahan segar lebih baik daripada buah-buahan dalam kaleng.
Sari buah kurang kadar seratnya, dan tinggi kadar gula sederhananya. Pilihlah sari buah asli (yang tidak ada tambahan gulanya), dan minumlah maksimum sebanyak satu gelas (120 cc) per hari. 
Catatan: Buah-buahan mengandung zat karbohidrat sederhana (gula), oleh karena itu, untuk menjaga agar diabetes tetap terkontrol dengan baik, makanlah buah-buahan secara beraturan, misalnya sepotong buah setiap sesudah makan. 

Source http://aris87.wordpress.com

Chatt


ShoutMix chat widget

- GRATIS- Belajar Bisnis dari Tung Desem Waringin dan Hadiah Buku + CD Tanpa diundi

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste