Pages

Kamis, 18 Agustus 2011

Kefir Sebuah Keajaiban

Kefir. Mungkin tidak banyak diantara kita yang pernah mendengar kata ini, apalagi mengetahui"benda macam apa itu?". Kefir adalah suatu keajaiban yang sampai sekarang masih membuat banyak ilmuwan di seluruh dunia penasaran.Kefir adalah sejenis minuman yang pada mulanya dan pada umumnya terbuat dari susu(terutama susu kambing / domba). Minuman ini berasal dari daerah pegunungan Kaukasus (Rusia,Polandia, Norwegia, Rumania). Rasa minuman ini adlh asam dan bersoda.

Nama 'kefir' secara harafiah berarti 'enak'. Nama tersebut muncul karena perasaan nyaman dan enak yang dirasakan orang setelah meminumnya. Pada abad pertengahan, kefir sempat menjadi minuman khusus keluarga raja. Kefir bisa dinikmati begitu saja atau bisa juga ditambah dengan gula/madu.

Selain itu, kefir seringkali dicampurkan dengan jus buah-buahan segar. Sering pula kefir digunakan sebagai 'sallad dressing'. Bahkan, ada juga yang menggunakan kefir sebagai bahan masakan.
Kefir adalah minuman yang sangat menarik. Selain rasanya menyegarkan, kefir memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kefir adalah sumber protein yang sangat baik dengan daya cerna yang sangat tinggi (artinya hampir semua protein dalam kefir dapat diserap dan dimanfaatkan tubuh).Kefir juga sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan untuk mencegah osteoporosis. Kefir juga mengandung beberapa vitamin yang tidak terdapat dalam susu biasa.

Kefir dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kefir adalah minuman probiotik – mengandung mikroorganisme yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kefir bisa mengatasi berbagai penyakit seperti nyeri lambung, hipertensi, hiperkolesterol, dan lain-lain. Selain itukefir dapat pula mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti hepatitis, AIDS, kanker, tumor, danlain-lain. Dari berbagai manfaat kesehatan tersebut, walaupun sudah terbukti secara empiris, sebagian besar belum dapat dijelaskan dengan tepat, jelas, lengkap, dan ilmiah.Mungkin berbagai manfaat yang terungkap diatas menimbulkan satu pertanyaan dibenak kita.Bagaimana cara membuat minuman yang luar biasa ini? Kefir adalah minuman yang dibuat dengan cara fermentasi. Maksudnya, proses pembuatannya memanfaatkan mikroorganisme yang hidup dan mengubah susu menjadi kefir (seperti pembuatan tape yang memanfaatkan ragi). Nah, yang ajaib adalah mikroorganisme pembuat kefir ini.Yang terlibat dalam pembuatan kefir ini adalah berbagai macam bakteri dan ragi.

Kumpulan mikroorganisme ini membentuk kultur yang disebut 'kefir grain' atau biji kefir. Bentuk kultur ini berupa gumpalan-gumpalan kecil berukuran 3mm hingga 20mm. Gumpalan tersebut terbentuk dari apa yang disebut 'kefiran'. Zat ini membungkus semua bakteri dan ragi didalamnya. Jenis bakteri dan ragi dalam'kefir grain' sangat banyak, dan hanya sebagian saja yang bisa diidentifikasi/dikenali. Oleh karena itu,hingga sekarang tidak ada satupun ilmuwan yang berhasil menciptakan sendiri kefir. Walau sudah banyak yang berusaha mencampur berbagai bakteri dan ragi yang berhasil dikenali, hasilnya sangat berbeda. Sampai saat ini, pembuatan kefir masih bergantung pada 'kefir grain'. Darimana munculnya kefir grain pertama? Hal ini masih menjadi misteri alam, yang sampai sekarang tak terpecahkan,apalagi tertandingi oleh teknologi mutakhir manusia. Ya, misteri alam ciptaan Allah kita yang ajaib.


src: Internet

Chatt


ShoutMix chat widget

- GRATIS- Belajar Bisnis dari Tung Desem Waringin dan Hadiah Buku + CD Tanpa diundi

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste